RANCANG BANGUN APLIKASI PIPELINE CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM DI BLITAR

Authors

  • Udkhiati Mawaddah Universitas Islam Balitar Author
  • Yufi Priyo Sutanto Universitas Islam Balitar Author

Keywords:

Website Application, RM Pipeline, Blitar, Closing Rate, Management Strategy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem aplikasi dalam implementasi pipeline Customer Relationship Management (CRM) Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Blitar berbasis website. CRM adalah strategi manajemen yang fokus pada hubungan antara perusahaan dan pelanggan untuk meningkatkan retensi pelanggan, penjualan, dan kepuasan pelanggan. Aplikasi yang di bangun berupa website dengan menggunakan database Mysql. Metode pengembangan sistem yang di gunakan adalah agile. Hasil dari implementasi aplikasi pipeline CRM ini berupa aplikasi sistem informasi yang mampu memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM untuk mendata suatu proses berdasarkan strategi pipeline CRM dalam transaksi closing rate, closing rate merupakan persentase penutupan penjualan dari total prospek yang dihubungi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Siti Azizah, Irfan H. Djunaidi, Diah Priharsari, Mas Ayu Ambayoen, and Siti Hamidah, “Digitalisasi Marketing Bagi Pelaku UMKM Kabupaten Blitar,” PaKMas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 379–385, 2022, doi: 10.54259/pakmas.v2i2.1300.

Y. Sudarwati and I. Izzaty, “Manajemen Hubungan Pelanggan Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah,” J. Ekon. dan Kebijak. Publik, vol. 13, no. 1, pp. 13–28, 2022, doi: 10.22212/jekp.v13i1.1988.

E. C. Yuwanda, “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan,” vol. 1 No, pp. 208–218, 2008.

R. Syabania and N. Rosmawani, “Perancangan Aplikasi Customer Relationship Management ( Crm ) Pada Penjualan Barang Pre-Order Berbasis Website,” Rekayasa Inf., vol. 10, no. 1, pp. 44–49, 2021.

M. P. Fadhli, R. I. Rokhmawati, and A. R. Perdanakusuma, “Analisis dan Perancangan Sistem Manajemen Prospek Pelanggan Dengan Model Sales Pipeline pada PT . Supratama Prima Nusantara ( Biznet Networks ) Branch Malang,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 7, pp. 2523–2530, 2018.

Y. Dio, “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Pada Unit Usaha Kecil Menengah Koperasi Wanita X Surabaya,” Kaji. Ilm. Mhs. Manaj., vol. 1, no. 6, 2012, [Online]. Available: http://journal.wima.ac.id/index.php/KAMMA/article/view/319.

M. A. Beis and R. Ferinia, “Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi (Jeba),” J. Ekon. Bisnis dan Akunt., vol. 20, no. 1, pp. 2–7, 2018.

S. H. Nova, A. P. Widodo, and B. Warsito, “Analisis Metode Agile pada Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: Systematic Literature Review,” Techno.Com, vol. 21, no. 1, pp. 139–148, 2022, doi: 10.33633/tc.v21i1.5659.

I. Kholil, “Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web,” J. Pilar Nusa MandiriCust., vol. 13, no. 1, pp. 43–48, 2017.

U. Mawaddah, E. D. Wahyuni, and A. P. Kusuma, “Penerapan Metode Agile Dalam Sistem Informasi Manajemen Asrama Santri pada Yayasan Pondok Pesantren Darul Huda Blitar Berbasis Web,” J-Intech, vol. 11, no. 2, pp. 188–199, 2023, doi: 10.32664/j-intech.v11i2.1004.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

[1]
Udkhiati Mawaddah and Yufi Priyo Sutanto, “RANCANG BANGUN APLIKASI PIPELINE CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM DI BLITAR”, neiit, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, Jul. 2024, Accessed: Jul. 04, 2025. [Online]. Available: http://ojs.ft.uniska-kediri.ac.id/index.php/neiit/article/view/44

Similar Articles

11-20 of 39

You may also start an advanced similarity search for this article.