Perkembangan Pengunaan Virtual Reality Pada Bidang Ergonomi Di Era Society 5.0: Telaah Falsafah Ilmu

Authors

  • Ainun Rahmansyah Gaffar Universitas Sebelas Maret Author
  • Wahyudi Sutopo Universitas Sebelas Maret Author

Abstract

Memasuki era society 5.0 teknologi dan keilmuan teknik industri terutama di bidang ergonomi semakin berkembang. Dengan perkembangan teknologi penggunaan berbagai tools atau device yang mendukung hasil penelitian ergonomi diperlukan, salah satunya adalah virtual reality (VR). Perkembangan virtual reality berkorelasi positif dengan era society 5.0 dimana ruang maya dan dan dunia nyata saling terintegrasi. Di era society 5.0 penggunaan VR dalam ergonomi semakin bervariasi dan berkembang. Studi yang menggunakan VR tidak hanya masuk ke dalam 1 hingga 
2 bidang dalam IISE BoK, akan tetapi dapat mencapai 3 hingga 4 bidang.Studi ini berfokus untuk mengetahui bagaimana perkembangan penggunaan VR dalam keilmuan teknik industri khususnya pada bidang ergonomi di era society 5.0 dengan menggunakan metode literature review dan telaah falsafah ilmu. Diperoleh hasil bahwa perkembangan VR pada teknik industri sangatlah pesat. Akan tetapi pada bidang ergonomi perkembangan dari jumlah studi tidak pesat namun bervariasi dari 
IISE BoK. Selain dari BoK ergonomics & human factors, terdapat BoK lainnya seperti design & manufacturing engineering berjumlah 10 studi, work design & measurement berjumlah 7 studi serta system design & engineering berjumlah 6 studi. Ditinjaui dari aspek falsafah ilmu penggunaan VR dalam bidang ergonomi di era society 5.0 memberikan pemahaman fundamental menganai dasar, metodologi, dan manfaat

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

[1]
A. R. Gaffar and W. Sutopo, “Perkembangan Pengunaan Virtual Reality Pada Bidang Ergonomi Di Era Society 5.0: Telaah Falsafah Ilmu”, neiit, vol. 1, no. 1, pp. 142–149, Aug. 2024, Accessed: Jul. 04, 2025. [Online]. Available: http://ojs.ft.uniska-kediri.ac.id/index.php/neiit/article/view/14